Barito Putera FC

Selasa, 23 Desember 2014

KURSUS KEPELATIHAN B AFC SELESAI, FEBRUARI AKAN DIUMUMKAN

Kursus Kepelatihan Lisensi B AFC telah berakhir Selasa (23/12). Kursus yang diikuti oleh 21 Pelatih dan Asisten Pelatih dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) maupun Divisi Utama berlangsung sejak 3 Desember lalu dan bertempat di National Youth Training Center (NYTC), Sawangan, Depok.

Nama-nama Pelatih maupun Asisten Pelatih yang malang melintang di sepakbola nasional yang ikut kursus ini di antaranya  Pelatih Persib, Djadjang Nurjaman, pelatih Barito Salahudin, Asisten Pelatih Arema, Joko Susilo dll.

Sekjen PSSI, Joko Driyono mengatakan peran pelatih yang mengikuti kursus ini akan menjadi tulang punggung dari pengembangan sepak bola Indonesia.

"Kita berharap mutu kepelatihan pelatih kita terus meningkat dan dapat lulus semua dengan hasil yang memuaskan. PSSI terus mendorong agara setiap pelatih di Indonesia bisa meraih lisensi sesuai standar AFC ke depannya,"kata Joko dalam sambutan di penutupan kursus ini.

Sedangkan Efraim Ferdinand selaku Football Development Officer dari PSSI mengaku dalam kursus B AFC ini lebih ditekankan setiap pelatih untuk mempersiapkan atau melatih tim. "Menu B AFC kontennya lebih ke tim seperti taktikal dan bukan lagi mengasah keterampilan individu. Sangat berbeda dengan C AFC yang condong ke individu dan usia sekitar 16 hingga 17 tahun yang dilatih,"kata Efraim

"Kalau di B AFC kita sasarannya untuk melatih 19 tahun ke atas.  Selain itu ada taktik bagaimana strategi saat ke 7 lawan 7 atau 9 lawan 9. Semua pelajaran kita berikan secara teori dan praktikal,"tambah Efraim.

Sementara itu Direktur Coaching Education PSSI dan AFC Elite Coaching Instructor, Poravankara Narayanan Nair Sivaji mengatakan di kursus B AFC juga bagaimana memahami bagaimana Fair Play dan Kode Etik. "Ada 17 pasal di Law Of The Game, selain itu taktik attacking, defense, meningkatkan endurance, psikologi, analisa pertandingan. Dan juga 2 ujian teori yakni general advence dan stenfisik advance. Sedangkan ujian praktek ada tiga plus dikahiri pemaparan,"beber Sivaji.

Mantan pelatih Singapura ini menambahkan bahwa maksimal 2 bulan akan mengumumkan hasil kursus ini dan belum tentu semuanya lulus. "Setelah ini kita akan melaporkan semua data ke AFC. Saya harap selesai melakoni kursus ini para pelatih dapat mengimpletasikan terhadap klub-klubnya masing-masing,"harap Sivaji.

Asisten pelatih Persela, Didik Lidiyanto mengaku sangat berterima kasih bisa mendapat kesempatan mengikuti kursus B AFC ini. "Banyak ilmu terbaru yang bisa di dapatkan disini. Kita bisa saling cerita bgaimana cara membentuk sebuah tim yang tangguh. Kebetulan juga disini ada TC Timnas U-23,"kata Didik.

"Banyak suka maupun duka selama mengikuti kursus ini. Karena mulai pagi sampai malam bergelut dengan buku dan bola. Coach instruktur Sivaji dan asisten instruktur Danurwindo sangat membantu dalam hal belajar. Rabu (24/12) Persela latihan perdana saya siap menerapkan ilmu saya saat memimpin anak-anak Persela nanti,"jelas Didik.

Sumber :

http://www.ligaindonesia.co.id/index.php/read/pssi/PSSI-Rampungkan-Kursus-Lisensi-B-AFC-7542

Tidak ada komentar:

Posting Komentar